Islamic Boarding School and Full Day School
Kamis, 11 Maret 2010

KEGIATAN SISWA NON KBM



  1. Out Bound Training

Kegiatan dilaksanakan selama 2-3 hari di luar sekolah dengan tujuan antara lain melatih kemandirian, kedisiplinan, kepemimpinan, kebersamaan dan kebugaran siswa. Out bound diadakan setahun sekali di pertengahan semester ganjil.


  1. Kuliah Kerja Lapangan

Kegiatan ini diadakan setahun sekali untuk menerapkan pengetahuan yang dimiliki siswa di masyarakat dan menambah pengalaman serta mempelajari berbagai pengetahuan praktis yang ada di masyarakat. Siswa diterjunkan ke masyarakat selama 4-5 hari di pertengahan semester genap. Siswa melakukan berbagai aktivitas seperti membantu mengajar TPA, kerja bhakti lingkungan, observasi ke home industry dan lain-lain. Siswa ditugasi membuat laporan kegiatan yang menjadi syarat mengikuti ujian akhir semester.


  1. Pengembangan Bakat dan Minat

      1. Bela diri

SMAIT Abu Bakar bekerja sama dengan INKAI Cabang Prop. DIY mengadakan latihan seminggu dua kali. Program ini wajib bagi siswa kelas X semester 1. Di semester 2 siswa program ini menjadi program pilihan

      1. Kepramukaan

SMAIT Abu Bakar bergabung dengan gerakan pramuka menyelenggarakan kegiatan kepramukaan. Pada semester 1 kelas X wajib mengikuti kegiatan ini namun pada semester 2 menjadi program pilihan.

      1. Mentoring

Mentoring berbentuk halaqah tarbawiyah wajib diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X sampai dengan kelas XII. Setiap kelompok 9 -12 siswa. Program ini akan berkelanjutan hingga siswa menjadi mahasiswa. Kegiatan mentoring disepakati bersama antara siswa dengan pembimbingnya, antara lain diskusi, tasqif, mabit, rihlah dan lain-lain.


      1. Olah raga

Olah raga basket, volley, bulutangkis dan tenis meja merupakan program pilihan


      1. Kelompok Ilmiah Remaja

KIR diadakan di SMAIT Abu Bakar untuk membekali siswa agar memiliki kemampuan kegiatan ilmiah, sebagai bekal studi di perguruan tinggi.


      1. Abu Bakar’s Astronomy Club (A2C)

Progam kegiatan yang diikuti kelompok siswa yang berminat mendalami ilmu astronomi terapan di antaranya menentukan penanggalan hijriyah, awal Ramadhan, Idul fitri dan lain-lain.


      1. Jurnalistik

Program jurnalistik mewadahi bakat dan minat siswa di bidang media /kewartawanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar